Data Center atau Cloud? Berikut Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui

Beberapa tahun belakangan, perkembangan bisnis sudah mulai merambah secara digital. Hal ini membuat banyak bisnis mulai beralih memasuki pasar online demi meningkatkan penjualan dari daerah-daerah yang sebelumnya belum pernah dijangkau. Dampak dari tren ini adalah banyak perusahaan membuat situs atau website sehingga bisa diakses banyak orang tanpa terbatas jarak serta waktu.

Untuk bisa berkembang secara digital, tentu perusahaan perlu fokus untuk menyediakan data center dan juga cloud service. Sebagian orang menganggap bahwa data center dan cloud service merupakan layanan yang sama. Padahal kenyataannya, kedua hal tersebut berbeda, baik jenis maupun fungsinya dalam mendukung kegiatan bisnis. Mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai keduanya di bawah ini.

Kebutuhan perusahaan

Berdasarkan kebutuhan, setiap perusahaan bisa memilih salah satu antara menggunakan data center terbaik di Indonesia atau layanan cloud. Tak jarang, dengan semakin tingginya kebutuhan, keduanya kini mulai digunakan secara bersamaan. Pada dasarnya, pertimbangan utama yang perlu diperhatikan adalah soal infrastruktur.

Data center hadir dalam bentuk fisik dengan kapasitas yang besar, namun tetap memiliki keterbatasan. Meskipun bisa ditambah sesuai kebutuhan, tetapi proses ini memakan biaya yang cukup besar dan waktu yang tidak sebentar, terutama untuk membeli peralatan dan infrastruktur yang baru. Sebaliknya, cloud berbentuk virtual dan pengembangannya cenderung lebih fleksibel, karena kapasitasnya bisa ditambah dan dikurangi kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Biaya yang harus disiapkan

Pertimbangan penting lainnya adalah persoalan biaya yang harus diperhitungkan secara matang. Pertanyaannya sekarang, mana yang lebih terjangkau antara data center dan cloud?

Data center colocation yang disediakan oleh pihak ketiga cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang data center on premise. Dengan memilih data center colocation, Anda tidak perlu lagi membuat perencanaan yang detail terkait pemeliharaan, juga memikirkan yang harus dilakukan jika terdapat hardware yang harus diperbaiki atau diganti secepatnya.

Bagaimana pembiayaan untuk menggunakan cloud? Sama seperti data center colocation yang sudah disediakan pihak ketiga, harganya jelas lebih murah karena semua hal, mulai dari peralatan, pemeliharaan, hingga staf profesional, sudah disediakan oleh penyedia dan Anda tinggal menggunakannya.

Keamanan

Apakah data center lebih aman dari cloud, atau justru sebaliknya? Karena memiliki fisik, dapat dipastikan bahwa data center memiliki tingkat security berlapis yang lebih aman daripada cloud. Kenapa demikian? Karena pengamanan data center dilakukan dengan akses terbatas yang hanya diberikan kepada pihak-pihak terkait dan sudah dipercaya, serta adanya pemantauan fisik seperti CCTV dan dukungan keamanan lainnya. Berbeda dengan cloud, sistem keamanannya biasanya berbekal manajemen akses yang ditentukan oleh pemilik data, tetapi pada dasarnya data tetap bisa diakses dari mana saja. Dengan demikian, hanya orang-orang yang memiliki akses saja yang bisa membuka data tersebut.

Oleh karena itu, pastikan penyedia memiliki sertifikasi dalam hal keamanan, seperti neuCentrIX. Perusahaan penyedia cloud yang andal yang tepercaya seperti ini menghadirkan kenyamanan sekaligus keamanan dengan perangkat pendukung yang lengkap. Cek lebih lanjut di sini untuk memperoleh informasi selengkapnya.