5 Langkah Cara Mengatasi Laptop Yang Kesiram Air

Apakah kalian termasuk salah satu diantara yang suka menempatkan minuman pada sisi Laptop, saat kalian kerja? Berhati-hatilah mulai sekarang, karena berbahaya apabila fokus kalian mulai berkurang, bisa saja minuman itu tersenggol serta tumpah ke atas laptop.

Bila hal semacam itu berlangsung, kalian tak boleh langsung gugup. Kalian mesti fokus buat menolong laptop.

Baca Juga : Kecanggihan Teknologi dari Asus Zenbook Pro Duo 15 OLED

Berikut langkah – langkah buat mengatasi laptop yang kesiram air ;

1. Lekas matikan laptop

Matikan laptop serta langsung membersihkan sejumlah dokumen krusial. Seandainya laptop saat proses pengisian daya, jadi lekas cabut kabel laptop dari colokan listrik sekiranya dapat, lekas terlepas batterynya juga.

Langkah berikut dikerjakan buat menghindari kerusakan kritis pada laptop. Maka bertambah cepat perihal ini kamu melakukan, jadi efek kerusakan lantas dapat diminimalkan. Dikarenakan, cairan yang tumpah ini bakal masuk serta perlahan-lahan menebar ke elemen-elemen laptop.

2. Melepas elemen-elemen penting

Disamping kabel serta battery, perihal yang lain mesti kamu melakukan yaitu membebaskan semuanya bagian external serta elemen utama yang lain. Dimulai dengan flash disk, hard disk, SD card, prosesor, serta RAM. Lantas keringkan dengan memanfaatkan kain mempunyai tekstur halus buat menghindari terjadi korosi.

Bila kamu kuatir serta takut membebaskan sejumlah bagian tersebut, kamu dapat bawa laptop itu ke arah tempat service buat mengelak efek kerusakan yang lain.

3. Keringkan laptop

Seusai laptop udah aman dari saluran listrik serta semuanya bagian external udah ditangkap, persiapkan handuk halus di atas lantai yang kering serta taruh laptop di atasnya dalam status kebalik buat keluarkan cairan yang masuk.

Membuka laptop seluas-lebarnya serta taruh laptop dengan status monitor serta keyboard mengarah bawah. Diamkan seputar 10 jam sampai laptop sungguh-sungguh kering. Ingat! Jangan sempat pakai hairdryer buat keringkan laptop kamu lantaran bisa menghancurkan bagian intern.

4. Membersihkan sisi laptop yang basah

Pada saat tunggu laptop kering, kamu dapat juga bersihkan battery juga kabel laptop yang turut basah dengan memanfaatkan kain memiliki bahan halus. Berhati-hati waktu bersihkan battery, sebab sisi memiliki warna kuning di kutub positif serta negatif tempat battery begitu peka.

Saat itu waktu laptop dikeringkan, kamu dapat juga sembari bersihkan loh. Membersihkan laptop dari cairan-cairan yang kelihatan di atas. Kamu dapat pakai tisu toilet atau cotton bud buat bersihkan ruang laptop yang sulit digapai, seperti celah keyboard.

5. Bebaskan keyboard apabila cukup kritis

Waktu cairan yang tumpah ke laptop lumayan banyak, kamu diminta buat lepaskan keyboard dari body laptop gaes. Sesudah itu, keringkan keyboard dengan menaruhnya dalam status kebalik di ruang yang kering.

Bila yang tumpah yaitu kopi, susu, atau minuman yang lain mempunyai sifat rekat, lekas membersihkan keyboard dengan cotton bud yang udah dibasahi. Kamu pun diminta mendesak tiap-tiap tombol keyboard buat menghindari timbulnya uap yang ketinggal biar keyboard gak error di waktu mendatang.