Mengenal Partai PKS : Sejarah Berdirinya Partai PKS Hingga Sekarang

Partai PKS
Logo PKS

SejarahBerita.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) didirikan pada 20 Juli 1998, memulai perjalanannya sebagai sebuah partai politik yang berlandaskan Islam.

PKS didirikan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Indonesia yang memiliki latar belakang aktivis dakwah Islamiah, sebuah gerakan tarbiyah di kampus tersebut.

Awalnya, gerakan dakwah ini membentuk lembaga dakwah kampus, yang kemudian berkembang menjadi bentuk partai politik pada tahun 1998, setelah beberapa diskusi dengan para tokoh Islam di Indonesia.

Kepemimpinan PKS pada awalnya ada di tangan beberapa aktivis tarbiyah seperti Yusuf Supendi, Hidayat Nur Wahid, dan beberapa tokoh lain.

PKS sebagai partai politik yang berlandaskan Islam memiliki misi untuk menerapkan syariah Islam dalam kehidupan sosial, politik dan ekonomi di Indonesia.

Baca JugaMengenal Partai Gelora : Sejarah Berdirinya Partai Gelora Hingga Sekarang

Prinsip dasar PKS adalah menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan kesejahteraan yang dibangun berdasarkan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PKS pertama kali diregistrasi sebagai partai politik pada 20 Mei 1999, saat itu PKS hanya memiliki sekitar 700 anggota. Namun, dengan visi dan program yang diusungnya, PKS mampu berkembang pesat dan menjadi salah satu partai yang diakui di Indonesia.

Pada tahun 2004, PKS berhasil mendapatkan 45 kursi di DPR, dengan perolehan suara nasional sebesar 8,3 persen.

PKS juga telah mengikuti kontestasi pemilihan umum di sejumlah daerah di Indonesia dan berhasil meraih suara yang signifikan dari pemilih.

Baca Juga : Mengenal Biografi Prabowo dari Militer, Pendiri Partai Hingga Menjadi Menteri

Namun, pada Pemilu 2014 dan 2019, PKS mengalami penurunan suara dan jumlah kursi di DPR. Pada Pemilu 2014, PKS hanya memperoleh 40 kursi di DPR dengan perolehan suara nasional sebesar 6,79 persen.

Sedangkan pada Pemilu 2019, PKS hanya memperoleh 39 kursi di DPR dengan perolehan suara nasional sebesar 7,12 persen.

Dalam kontestasi Pemilu 2024 yang akan datang, PKS akan berusaha untuk meningkatkan dukungan dari masyarakat Indonesia, terutama dengan menyampaikan pesan-pesan positif dan program-program unggul yang menarik bagi publik. Selain itu, PKS juga akan berupaya untuk meningkatkan kolaborasi dengan partai politik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak