Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Populer dan Terkini

Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang kaya akan objek-objek wisata yang menarik dan menawan. Kabupaten ini terletak di lereng Gunung Slamet yang menjadi magnet wisatawan, selain itu keindahan objek wisata alamnya juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Salah satu objek wisata yang terkenal di Banjarnegara adalah Waduk Mrica. Waduk ini juga dikenal dengan sebutan Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman dan terletak di Kecamatan Bawang. Waduk ini memiliki bermacam-macam kegiatan wisata seperti outbond dan interior kapal yang mengitari sisi-sisi waduk.

Namun sebenarnya ada banyak destinasi wisata di banjarnegara dengan view yang menarik dan banyak di kunjungi oleh wisatawan, apa sajakah itu?

1. Kawah Sikidang Dieng

Kawasan Kawah Sikidang Dieng, Banjarnegara

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Dataran Tinggi Dieng yang terkenal dengan obyek wisatanya yang memukau. Kawah ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya sekitar 2 km dari kompleks Candi Arjuna dan hanya dapat dicapai dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Saat di sana, pengunjung akan merasakan suhu udara yang sejuk karena letaknya yang berada di ketinggian.

Objek wisata Kawah Sikidang menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona dengan belerang yang meletus dari dalam kawah yang kemudian menyerupai asap putih. Rasa aman turut dijaga di sini karena pengunjung akan diinstruksikan untuk menjaga jarak dari kawah yang masih aktif sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan bukan sekadar mencari keseruan.

Tidak hanya itu, di Kawah Sikidang juga terdapat lapangan mini golf dan flying fox yang dapat dipakai untuk olahraga maupun rekreasi bersama keluarga dan teman. Jika pengunjung merasa lapar, terdapat beberapa warung yang menyediakan beragam makanan ringan dan minuman yang dapat mengisi perut.

2. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka Dieng, Banjarnegara

Kawah Candradimuka merupakan objek wisata yang paling diminati di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawah ini terletak di kaki Gunung Sumbing dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl.

Kawah Candradimuka memiliki diameter sekitar 100 meter dan kedalaman sekitar 15-20 meter. Keunikan dari kawah ini adalah keberadaan sumber air yang terdapat di dalamnya. Air tersebut memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga memberikan pemandangan yang menarik dengan adanya gelembung-gelembung belerang yang keluar dari permukaan air. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas kawah melalui jalur setapak yang tersedia.

Untuk mencapai lokasi Kawah Candradimuka, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari kompleks Dieng yang terletak sekitar 3 km dari kawah. Jika menggunakan kendaraan roda dua, pengunjung diwajibkan untuk menyewa ojek karena akses jalannya cukup berat.

3. Gunung Lanang

Gunung Lanang, Banjarnegara

Gunung Lanang adalah salah satu gunung yang menjadi objek wisata alam di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gunung Lanang terletak di Desa Masaran, Kecamatan Bawang dan memiliki ketinggian sekitar 2149 meter di atas permukaan air laut.

Gunung Lanang terkenal dengan keindahan alam yang memukau, perbukitan hijau dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan dapat memanjakan mata pengunjungnya. Di kaki gunung terdapat banyak kebun dan hamparan sawah yang bisa dijadikan sebagai objek foto yang menarik.

Gunung Lanang juga merupakan objek wisata religi karena di puncaknya terdapat sebuah masjid kecil, yang menjadi tempat ziarah bagi para penduduk sekitar. Selain itu, terdapat juga jembatan selfie yang dibuat di atas sebuah lembah, lebih tepatnya di jalur menuju puncak gunung. Dari sini pengunjung akan mendapatkan panorama yang sangat indah.

Untuk melakukan pendakian ke Gunung Lanang, pengunjung dapat menggunakan jalur pendakian dari Desa Masaran atau Desa Tanjung. Pendakian ke Gunung Lanang tergolong sulit karena rutenya yang sempit dan rawan longsor, sehingga para pengunjung diharuskan berhati-hati dan tetap waspada selama melakukan pendakian.

4. Telaga Merdada

Telaga Merdada Banjarnegara

Telaga Merdada merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Telaga ini memiliki luas sekitar 430.000 meter persegi dan menjadi telaga terluas di dataran tinggi Dieng.

Keunikan dari Telaga Merdada adalah airnya yang berwarna hijau kebiruan, karena adanya gas belerang yang terlarut di dalamnya. Selain itu, Telaga Merdada juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat lingkungan sekitar Telaga Merdada terlihat alami dan asri.

Telaga Merdada juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati pesona matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam di ufuk barat, nuansa merah dan jingga akan menghiasi langit dan memantulkan warna-warni yang indah di atas permukaan Telaga Merdada.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan Telaga Merdada dengan menaiki perahu yang disewakan di sekitar telaga. Selain itu, terdapat beberapa lokasi di sekitar Telaga Merdada yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto, seperti jembatan dan tebing batu kapur.

Untuk mencapai lokasi Telaga Merdada, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari kota Wonosobo atau Banjarnegara. Tetapi, pengunjung juga dapat menempuh perjalanan dengan jalan kaki dari lokasi parkir hingga ke bibir Telaga Merdada.

5. Kawah Sileri

Kawah Sileri Banjarnegara

Kawah Sileri adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawah Sileri menawarkan keindahan alam yang begitu memukau dengan keadaan lautan belerang yang dipercaya dipenuhi dengan khazanah kebaikan.

Keunikan Kawah Sileri terlihat dari warna yang dikelilingi oleh belerang yang berbeda dengan warna batuan dan pasir biasanya. Perlu diketahui, awal mula terbentuknya kawah ini adalah melalui proses erupsi gunung api dan itu membuat lautan belerang tersisa di kawah tersebut.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kawah Sileri dari dekat. Di sekitar kawah terdapat jalan setapak yang dapat dilalui untuk melihat kawah danau ini lebih dekat. Selain itu, terdapat juga warung-warung makan yang menjual makanan dan minuman tradisional khas Jawa Tengah.

Untuk mencapai Kawah Sileri, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari kota Wonosobo atau Banjarnegara. Setelah sampai di kawasan Dieng, pengunjung juga harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki untuk mencapai Kawah Sileri.

Namun, sebentar lagi pengunjung sepertinya tidak akan bisa menikmati indahnya Kawah Sileri. Pasalnya, dalam beberapa dekade terakhir, Kawah Sileri semakin mengalami erosi dan meluas, oleh sebab itu dari tahun ke tahun menyusut size kawah yang berada di Kawasan Dieng Plateu.

6. Wadas Tumpang

Pintu Masuk Wadas Tumpang

Wadas Tumpang adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di kaki gunung Slamet, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menjadi daya tarik para wisatawan karena menyajikan keindahan alam yang menakjubkan.

Wadas Tumpang terkenal dengan pemandangannya yang indah, terutama saat musim penghujan tiba. Keindahan alam yang khas di tempat ini membuat banyak wisatawan ingin mengunjunginya. Terdapat perkebunan teh yang asri dan jalan setapak yang mengelilingi perbukitan di sekitar Wadas Tumpang. 

Selain berjalan-jalan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam Wadas Tumpang dengan naik sepeda, menyusuri jalan setapak yang tersedia. Jangan lupa juga untuk membawa kamera, karena akan ada banyak momen yang dapat diabadikan.

Untuk mencapai Wadas Tumpang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari kota Purwokerto. Berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Banjarnegara, pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan selama kurang lebih 45 menit.

Wadas Tumpang merupakan destinasi yang cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam yang menyegarkan. Di sini, pengunjung dapat merasakan kehangatan dan ketenangan terlebih saat berada di antara pepohonan hijau yang melindungi sekitar tempat ini.

7. Telaga Dringo

Telagq Dringo Banjarnegara

Telaga Dringo adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Telaga Dringo diapit oleh dua buah perbukitan dan dikelilingi oleh kebun teh yang hijau. 

Keindahan Telaga Dringo sangat memukau, terutama saat pagi atau sore hari ketika matahari terbit atau terbenam dan menyisakan cahaya di permukaan telaga. Air telaga yang jernih dan keadaan sekitarnya yang masih asri membuat suasana yang tenang sehingga cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga maupun teman-teman.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain di sekitar Telaga Dringo seperti memancing atau menaiki perahu kecil untuk menjelajahi telaga. Di sekitar telaga juga terdapat beberapa warung makan yang menawarkan makanan dan minuman tradisional khas Jawa Tengah.

Untuk mencapai Telaga Dringo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari kota Purwokerto. Setelah sampai di Dieng, pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 2 km untuk mencapai Telaga Dringo. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak