Mengenal Partai Nasdem : Sejarah Berdirinya Partai Nasdem Hingga Sekarang

Partai Nasdem
Logo Partai Nasdem. Dok. Lombokita

SenjaBerita.com - Partai NasDem atau singkatan dari Partai Nasional Demokrat merupakan salah satu partai politik di Indonesia.

Partai NasDem resmi didirikan pada tanggal 26 Juli 2011 dan berniat menjadi partai politik moderat dan berbasis nasional.

Sejarah berdirinya Partai NasDem dimulai dari ide pendirian organisasi kemasyarakatan Nasional Demokrat pada tahun 1999 oleh Surya Paloh yang pada saat itu merupakan pengusaha media ternama di Indonesia.

Organisasi tersebut didirikan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga : Mengenal Partai PDIP : Sejarah berdirinya Partai PDIP dan Rekam Jejak Dalam Pemilu

Pada tahun 2004, Surya Paloh mencoba mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pemilu namun gagal. Setelah itu, organisasi Nasional Demokrat lebih berfokus pada aktivitas sosial dan kemanusiaan.

Pada tahun 2010, Surya Paloh dan Nasional Demokrat mulai mempersiapkan diri untuk bertransformasi menjadi partai politik.

Setelah melalui berbagai proses dan tahapan yang cukup panjang, akhirnya pada tahun 2011 Partai NasDem resmi didirikan dan terdaftar sebagai partai politik di Indonesia.

Dalam Pemilu 2014, Partai NasDem berhasil mendapat 6,7 juta suara atau sekitar 6,72 persen dan memperoleh 35 kursi di DPR. Hal ini menunjukkan bahwa Partai NasDem semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Dalam Pemilu 2019, Partai NasDem berhasil meraih 59 kursi di DPR dan 6 kursi di DPD RI. 

Baca juga : Mengenal Partai PKB : Sejarah Berdirinya Partai PKB dan Pendiri Partai Kebangkitan Bangsa

Partai NasDem saat ini masih eksis sebagai salah satu partai politik di Indonesia yang terus mengembangkan dirinya sebagai partai yang moderat dan berbasis nasional.

Partai NasDem juga terus mengembangkan jaringan dan jejaring dengan organisasi-organisasi masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat sebagai upaya untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Selain itu, Partai NasDem juga memiliki berbagai program dan agenda politik yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat.

Beberapa di antaranya adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat, program pendidikan yang berkualitas dan merata, serta program peningkatan kesejahteraan sosial.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak